Materi Tema 1 kelas 1 akan dibahas dalam artikel ini.
Bagi Anda yang memiliki anak yang baru ingin memasuki kelas 1, Anda wajib tahu apa saja materi pada pelajaran tema tersebut.
Dalam buku Tema 1: Buku Tematik Terpadu Kurikulim 2013, memiliki beberapa materi didalamny.
Pada artikel ini akan dibahas apa saja materi tema 1 kelas 1 tersebut.
Anda juga bisa mengunduh materi tema 1 untuk anak Anda maupun Anda, guna mempermudah dalam proses pembelajaran.
Tentang Materi Tema 1 Kelas 1
Buku materi tema 1 kelas 1 ini diperuntukkan untuk siswa yang telah dibuat oleh pihak Pemerintah.
Kurikulum 2013 ialah kurikulum yang berdasarkan kompetensi.
Didalam buku dengan kurikulum 2013 terdapat rumusan terpadu mengenai kompetensi pengetahuan, sikap, dan kemampuan yang wajib dikuasai oleh siswa.
Buku ini menjelaskan usaha yang harus diraih oleh siswi agar harapan dalam kurikulum 2013 ini tercapai.
Buku materi Tema 1 Kelas 1 ialah termasuk buku aktivitas dan panduan untuk mempermudah siswa dalam pembelajarannya disekolah.
Dalam buku ini setidaknya terdiri dari 2 jenis yaitu, untuk guru dan untuk siswa.
Sebagaimana dijelaskan dalam buku panduan guru mengenai materi Tema 1 Kelas 1, dan untuk buku siswa dijelaskan secara terperinci mengenai isi dari materi Tema 1 Kelas 1 itu sendiri.
Daftar Isi Materi Tema 1 Kelas 1 untuk Siswa
Subtema 1 – Aku dan Teman Baru
Materi Tema 1 Kelas 1 yang diajarkan pada subtema ini meliputi:
- Berkenalan dengan teman baru
- Berkenalan sambil bernyanyi
- Menghias kartu nama
- Mengenal bilangan sambil bermain
- Berdiskusi untuk mengenal teman baru
- menghitung banyak teman
- Mengenal bentuk segit 4
- Menggambar dari segi 4
- Mengenal Huruf
- Belajar menulis
- Mengenal susunan huruf nama teman
- Berlari berpasangan dengan teman
- Mengurutkan bilangan dengan bermain
- Mengenal bentuk lingkaran
- Menceritakan gambar didepan kelas
Subtema 2 – Tubuhku
- Mengenal anggota tubuh
- Bagian bagian tubuh
- Menyanyi sambil mengenal bilangan
- Membaca dnegan nyaring
- Mengenal fungsi bagian tubuh
- Menirukan ucapan guru
- Berlatih menulis
- Membaca dan Menulis
- Bernyanyi sambil bermain
- Bermain menggunakan kaki
Subtema 3 – Aku Merawat Tubuhku
- Mengenal benda untuk merawat tubuh
- Melompat sambil mengenal bilangan
- Menggosok gigi
- Bergerak membentuk garis
- Membuat gambar dengan pola
- Menjaga kebersihan tubuh
Subtema 4 – Aku Istimewa
- Mengamati diri sendiri dan teman
- Membandingkan tinggi badan
- Mensyukuri perbedaan
- Menyunsun daun kering dan ranting
- Mengisi huruf
- Mengucapkan terima kasih
Daftar Isi Materi Tema 1 Kelas 1 untuk Guru
Buku panduan guru untuk mata pelajaran Tema ini hadir untuk mempermudah pelaksanaan pembelajaran Tematik.
Dalam buku ini membahas jaringan tema yang memberi suatu gambaran untuk guru mengenai 4 subtema yang terdapat dibuku.
Buku ini pun menjelaskan mengenai ruang lingkup pembelajaran tentang kegiatan dan kemampuan yang dikembangkan di satu subtema, agar tujuan pembelajaran dalam satu subtema tercapai satu demi satu.
Teradapat juga serangkaian langkah kegiatan pembelajaran, diantararanya:
- Kegiatan pembuka
- Kegiatan inti, dan
- Kegiatan penutup
Dalam buku panduan guru, menjelaskan mengenai pengalaman belajar sebagai berikut:
- Mengandung nilai perilaku yang positif
- Penguasaan konsep
- Mampu berpikir saintifik
- Mampu berpikir tingkat tinggi
- Mampu menyelesaikan suatu masalah
- Inkuiri
- Kreativitas
- dan menjadi pribadi yang reflektif.
Kompetensi Inti Kelas 1
Sebelum pembelajaran dimulai, guru akan memimpin siswa untuk berdoa sesuai kepercayaan masing-masing.
Memiliki sikap jujur, disiplin, santun, peduli, percaya diri, dan bertanggung jawab terhadap guru, teman maupun dilingkungan keluarga.
Mengerti pengetahuan secara faktual dengan membaca, mendengar dan melihat.
Guru diharuskan menjelaskan pengetahuan dalam bahasa yang jelas dan mencerminkan perilaku beriman dan berakhlak.
Baca Juga: Aplikasi Raport K13 SMP, Seperti Apa Gambarannya?
Teknik dan Instrumen Penilaian
Observasi
Obersevasi ialah merupakan penilaian guru terhadap sikap dan perilaku siswa sehari-hari di sekolah.
Teknik ini dilakukan saat pembelajaran dimulai maupun ketika pembelajaran telah usai.
Biasanya di Sekolah Dasar, penilaian ini dilakukan oleh wali kelas yang memberikan pelajaran agama dan olahraga atau PJOK.
Adapun observasi yang dilakukan oleh guru yaitu:
- Observasi sikap sosial
- Observvasi sikap spiritual
Adapun langkah dalam menilai teknik observasi ini adalah:
- Observasi harian
- Jurnal harian
- Rekap jurnal semester
- Rapat dewan guru, dan
- Rapor deskripsi sikap
Penilaian Diri atau Self Assesment
Penilaian self assesment ini guna untuk memberi reinforcement atau penguatan belajar siswa agar terus meningkat.
Dalam kata lain, teknik penilaian diri yang dilakukan siswanya sendiri berfungsi untuk mengevaluasi perkembangan kemampuan belajar siswa tersebut.
Karena adanya teknik ini, siswa seharusnya bisa menjadi pembelajar yang lebih mandiri.
Penilaian Pengetahuan dan Keterampilan
Teknik dan Instrumen Penilaian Pengetahuan
- Tes tertulis
- Tes lisan
- Penugasan
Teknik dan Instrumen Penilaian Keterampilan
- Penilaian kinerja
- Penilaian portofolio
Penilaian Pembelajaran
Subtema 1 – Aku dan Teman Baru
Penilaian pembejalaran yang dilakukan melalui dua penilaian.
Penilaian pertama adalah penilaian sikap yang dilakukan menggunakan teknik observasi selama pembelajaran berlangsung.
Penilaian kedua adalah penilaian keterampilan, dimana siswa akan dinilai melalui cara mereka memperkenalkan diri melalui bernyanyi dan bermain.
Penilaian terakhir adalah penilaian pengetahuan, siswa di tes oleh guru menggunakan tes lisan tentang nama-nama teman dikelasnya.
Untuk lebih lengkap silahkan unduh materi tema 1 pada artikel ini.
Subtema 2 – Tubuhku
Guru akan menilai muridnya melalui 3 penilaian.
- yang pertama yaitu penilaian sikap yang dimana guru mencatat sikap muridnya selama pelajaran.
- Yang kedua, guru tes tertulis. Siswa menulis alasan mengapa ia bisa menebak nama teman hanya dari suaranya.
- Yang terakhir guru menilai dari keterampilan siswa tersebut.
Untuk lebih lengkap silahkan unduh materi tema 1 pada artikel ini.
Subtema 3 – Aku Merawat Tubuhku
Pada subtema 3, guru menilai keterampilan siswa melalui fingerpainting yang ditentukan oleh siswa itu sendiri.
Guru juga menilai siswa melalui observasi selama pembelajaran berlangsung.
Penilaian pengetahuan yang dilakukan oleh guru juga diberikan melalui tes lisan yang diberikan mengenai fingerprint tersebut.
Subtema 4 – Aku Istimewa
Seperti pada penilaian observasi yang dilakukan pada subtema-subtema sebelumnya, guru wajib menilai siswa dengan teknik observasi selama pembelajaran berlangsung.
Guru akan memberikan tes lisan berupa pelafalan huruf vokal.
Dan untuk penilaian keterampilan, siswa wajib menceritakan pengalaman mengenai ciri khas anggota keluarganya dirumah secara lisan.
Untuk lebih lengkap silahkan unduh materi tema 1 pada artikel ini.
Download eBook (PDF)
Materi Tema 1 Kelas 1
- Buku (PDF) untuk Guru : Klik disini
- Buku (PDF) untuk Siswa : Klik disini
Penutup
Itulah materi tema 1 kelas 1 yang telah saya jelaskan cukup terperinci.
Anda pun bisa mengunduh buku PDF untuk anak Anda, atau untuk Anda sendiri sebagai pendamping pembelajaran anak selama di rumah.